ANABEL, Ketika Horor Mendapat Analisa Gembel

Episode perdana Anabel membahas Makmum dan penyakit film horor Indonesia ketika mengadaptasi film pendek.

Anal, anal apa yang gembel? Analisis Gembel. Sebuah serial analisis film yang sok tau dan pastinya gembel. Isinya sebagian besar hanya opini dan gak ada benar/salah. Dalam musim pertama Anabel, ada lima episode yang mengupas berbagai macam film horor populer secara mendalam dan teoritis tapi tetap gembel.

The Wailing, salah satu film horor perdukunan asal Korea Selatan yang sering di-request netizen untuk dibahas, akhirnya sekalian dibikinin komparasinya sama film horor perdukunan lokal yang gak kalah keren, yaitu Kafir: Bersekutu dengan Setan.

Konsep video essay ini sebenernya udah jadi cita-cita sejak dua tiga tahun ke belakang, saat itu emang banyak ide buat bikin konten original yang fresh dan isinya bukan melulu soal review film yang emang udah jadi makanan sehari-hari di Cine Crib. Tapi akhirnya konten video essay ini bisa dieksekusi ketika pandemi melanda, blessing in disguise. Akhirnya lahirlah Anabel.

Midsommar sempet jadi film horor yang hype (tapi gak beast) di Indonesia, ampe dibahas dan dimirip-miripin sama KKN di Desa Penari (yang sampe sekarang belum tayang) karena konsep filmnya, yaitu sekelompok anak muda yang berkunjung ke tempat baru di pedalaman yang menyimpan banyak misteri.

Anabel sendiri merupakan istilah yang sering keluar dari mulut Razny dan Rasyid, dua host Cine Crib yang sudah nongkrong sejak Cine Crib baru lahir. Bahkan, beberapa review populer pada masa itu adalah review dari mereka berdua, yaitu review Pengabdi Setan salah satunya. Coba aja tonton, nih.

Akhir 2020 bisa jadi adalah awal dari dimulainya pra produksi Anabel, mulai dari pemilihan genre, tema, topik yang akan dibahas. Sampai akhirnya dipilih genre horor, mengingat review film horor adalah salah satu segmen paling banyak ditonton di Cine Crib. Tapi ke depannya jika ada jalan (dan modal) tentunya, tidak menutup kemungkinan Anabel akan mengeksplorasi genre selain horor untuk diulik secara gembel.

Keramat, salah satu atau mungkin satu-satunya horor found footage Indonesia yang masih aja dibahas sampai detik ini.

Pra produksi Anabel pun berjalan hampir setengah tahun, berkolaborasi dengan Habis Nonton Film yang digawangi Mustafa yang emang doyan bikin video essay. Produksi pun dimulai dari pertengahan tahun 2021 untuk target rilis di bulan Oktober, alias bulannya horor karena tema Halloween yang mungkin sangat umum dan populer bagi para pecinta horor. Lima episode Anabel kini dapat ditonton lengkap di Cine Crib, dan jika kalian suka dengan konten Anabel ataupun konten original Cine Crib lainnya, bisa dukung kita secara langsung di saweria.com/cinecrib.

No caption needed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s